Pasang Iklan 30rb/bln

ads ads ads

Kamis, 08 Maret 2012

0 Cpanel - EMAIL

Ini adalah lanjutan tentang belajar cpanel.
Sekarang adalah mengenai EMAIL, dalam menu - menu semua akan berfungsi jika mx entry hosting anda tidak diarahkan ketempat lain.


Email Accounts :
dalam menu ini anda diperbolehkan membuat account email dengan domain sendiri misal admin@domainanda.com atau lainnya sebanyak batasan yang telah diberikan penyedia hosting. Biasanya fasilitas ini unlimited. Menu ini tidak berarti jika MX ENTRY email anda diarahkan ke tempat lain seperti GMAIL.


Mx Entry :
Menu ini berguna jika pengiriman dan penerimaan ditangani oleh penyedia email lain (seperti GMAIL), sehingga webhosting anda tidak terbebani dengan masalah email. Nilai priority terkecil adalah urutan teratas email akan ditangani oleh server yang ditunjuk. untuk lebih jelas mengenai Mx Entry ini bisa baca di sini.



Webmail :
adalah fasilitas untuk melihat aktivitas email anda, baik kirim ataupun terima. Anda bisa memilih software yang akan anda pakai untuk mengelola email seperti : Horde, squirrelmail dan Roundcube.


BoxTrapper :
Digunakan untuk memproteksi inbox anda dari pengiriman spam dari email yang ada di daftar list agar diverifikasi terlebih dahulu sebelum email masuk.


SpamAssasin :
Digunakan sebagai filter email yang masuk untuk mengidentifikasi header / body email apakah termasuk spam atau tidak dengan mengkonfigurasi sendiri. fungsi ini harus di-enable-kan sebelum digunakan, andapun bisa mengaktifkan auto dele spam.


Forwarders :
Fungsi ini digunakan untuk mem-forward salah satu email yang anda punya ke alamat email lain. Misal : admin@domainanda.com di arahkan ke punyaanda@yahoo.com, maka semua email yang masuk ke admin@domainanda.com akan arahkan masuk ke punyaanda@yahoo.com, fasilitas ini juga mempunyai opsi apakah semua email juga akan tetapi ada di admin@domainanda.com atau tidak.


Autoresponders :
Digunakan jika ingin memberikan balasan secara otomatis ketika ada email masuk kedalam salah satu email anda. Misal jika ada email masuk ke admin@domainanda.com maka anda akan mengirimkan ucapan terima kasih ke pengirim email.


Set Default Address :
Digunakan untuk mengarahkan email yang dikirimkan ke alamat email anda yang belum ada. misal ada orang mengirimkan email ke : saya@domainanda.com, padahal email tersebut belum ada maka email yang diterima akan diarahkan ke email lain.


Mailing Lists :
adalah berfungsi untuk mengirimkan email ke dalam suatu group, dimana group tersebut berisi banyak alamat email. Anda cukup mengirim satu email maka dalam satu group akan menerima semua, ini biasanya digunakan untuk mengirim newsletter atau info update dll.


User / account level filtering :
digunakan untuk memfilter email, apakah email yang masuk ketika difilter akan ditolak, diarahkan ke email lain atau yang lainnya, sesuai dengan setting filter anda.


Email Delivery Route :
Ini berfungsi untuk melihat arah jalannya email anda sesuai dengan urutan penerima ip addressnya.


Import email account :
Untuk meng-import atau mengambil email account dari media di komputer anda yang berada dalam document CSV atau XLS.


Email authentication :
Digunakan untuk men-cek email yang diarahkan ke tempat anda apakah email tersebut memang berisi info yang tidak diharapkan. Dalam fungsi ini autentifikasi bisa juga untuk domain si pengirim.


Fungsi - fungsi tersebut diatas akan berjalan jika mx entry email hosting anda tidak diarahkan ketempat lain , alias default.


Sumber : au-ahlap
cara gampang

0 komentar:

Posting Komentar

free counters

Sleketeb